• jasa sertifikat SKA
  • jasa sertifikat SKT
  • Biaya Pembuatan ISO
Jasa SKA SKT

Paket Sertifikasi ISO OHSAS Murah

Paket Sertifikasi ISO OHSAS Murah

Paket sertifikasi ISO OHSAS murah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sertifikasi ISO dan OHSAS sekaligus tanpa perlu repot-repot. Sebab, jika rumor yang beredar adalah mendapatkan kedua sertifikat tersebut sulit, maka hal itu adalah salah besar. Untuk mendapatkan keduanya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya. Berikut ini beberapa langkah-langkah untuk mendapatkan paket sertifikasi ISO OHSAS murah.

Langkah Mendapatkan Sertifikat ISO

Sebelum pada akhirnya memutuskan menggunakan sertifikat ISO, pemimpin organisasi tentunya perlu melakukan pertimbangan panjang terkait hal tersebut. Sebab, hal ini bukanlah masalah sepele dan perlu pertimbangan matang.

Pimpinan perusahaan atau organisasi harus terlibat secara aktif pada sebuah perkumpulan asosiasi profesi atau sebuah asosiasi industri tertentu agar bisa mengetahui bagaimana ISO diterapkan di berbagai tempat lainnya. Hal tersebut dapat membuat pemimpin perusahaan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari perusahaan lain yang telah menerapkan sistem manajemen ISO di perusahaannya. Selain itu, akan didapatkan juga informasi mengenai manfaat apa saja yang akan didapatkan selama menerapkan sistem ISO di perusahaan.

Setelah itu, perusahaan perlu menentukan dan membuat keputusan mengenai siapa saja karyawan yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan sertifikasi ISO. Biasanya, peserta pelaksanaan ini terdiri dari ketua dan anggota tim. Lalu, di dalam sebuah tim tersebut minimal harus terdapat 2 orang dari masing-masing departemen atau divisi bidang yang bersangkutan. Jadi, di dalam organisasi perusahaan yang disertakan tersebut harus memiliki pimpinan divisi, pimpinan departemen, dan juga staff. Sesudah itu, perlu menetapkan manajemen representatif perusahaan yang dapat berperan aktif dalam implementasi sistem di perusahaan namun tetap harus diawasi oleh manajemen tingkat atas sebagai pemimpin.

Tahap lanjutan adalah dengan menetapkan kapan waktu pelaksanaan training ISO untuk seluruh karyawan akan dilaksanakan. Sebelumnya, hal ini dapat diawali dengan training masa pengenalan untuk menumbuhkan awareness karyawan terhadap ISO. Lalu, setelah itu dapat diadakan training dokumentasi dan juga training internal untuk keperluan audit. Kemudian, apabila perusahaan baru mengenal dan menerapkan ISO, maka training ini akan sangat bermanfaat karena isinya akan sangat menambah dan memberi wawasan, serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri ketika kelak sudah menerapkan sistem.

Paket Sertifikasi ISO OHSAS Murah

Baca juga: Jasa Sertifikasi SKA SKT Jakarta

Langkah untuk Mendapatkan Sertifikasi Perusahaan

Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini guna memastikan perusahaan Anda siap untuk mendapatkan audit sertifikasi. Anda perlu yakin bahwa penerapan sistem manajemen telah efektif dan sesuai dengan standar.

Internal Audit. Tujuan melakukan audit internal adalah berguna untuk menentukan level pada kepatuhan dengan manajemen Anda berdasarkan syarat yang standar. Ketika dilakukan audit, auditor internal yang bertugas akan meninjau dokumen, catatan, serta proses dalam mengidentifikasi kelemahan dan juga memberikan informasi apabila ada penerapan yang tidak sesuai dengan sistem manajemen.

Peninjauan manajemen. Tahap ini akan dilakukan peninjauan akhir untuk melihat efektivitas dari sistem manajemen ISO dan OHSAS dari paket sertifikasi ISO OHSAS murah Jakarta yang Anda gunakan. Pada manajemen puncak, Anda akan perlu meninjau beberapa informasi mengenai kinerja, hasil audit internal, pencapaian penerapan sistem manajemen, dan perubahan apa saja yang terjadi dalam perusahaan. Semua informasi yang dikumpulkan dari peninjauan manajemen ini akan berguna dalam pembuatan keputusan cara meningkatkan sistem manajemen yang ada.

Tindakan korektif. Tindakan ini akan ada baik pada saat adanya audit internal maupun ketika dilakukan peninjauan manajemen. Hal ini cukup penting sebab akan mampu memberitahu Anda mengenai apa yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, atau bahkan diubah. Tindakan korektif merupakan cara paling sesuai yang dapat diterapkan dalam menangani ketidaksesuaian. Tindakan ini sangat perlu dilakukan agar sistem manajemen dapat memenuhi standar dan mencapai kepatuhan yang penuh.

Cara Mendapatkan Paket Sertifikasi ISO OHSAS Murah Jakarta

Berikut ini akan ada beberapa rangkuman mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi ISO dan OHSAS. Ingin tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

> Pemimpin perusahaan perlu memutuskan akan memakai sertifikasi apa untuk sistem manajemen perusahaannya.

> Melakukan penetapan SDM yang akan dipilih sebagai anggota grup pelaksanaan sistem manajemen kerja, yang terdiri atas ketua proyek dan juga anggota tim. Jumlah tim harus berisi setidaknya minimal dua orang. Isi di dalam tim setiap divisi atau departemen setidaknya terdiri dari satu orang pimpinan dan satu orang staf.

> Menetapkan manajemen representatif sebagai penanggung jawab yang memantau jalannya sistem manajemen ISO atau OHSAS nantinya. Namun tetap perlu didampingi oleh top manajemen yang juga terlibat di dalam penerapan sistem nantinya.

> Dalam penerapan sistem ISO ataupun OHSAS, perlu tahap penetapan anggaran untuk membayar biaya konsultan yang dapat memberi nasihat mengenai ISO dan OHSAS.

> Luangkan waktu untuk melakukan training pengenalan sistem ISO maupun OHSAS yang biasanya dapat dilakukan oleh konsultan. Setelah itu, training dapat dilanjutkan dengan training dokumentasi dan training audit internal.

> Buatlah perbandingan sistem sebelumnya dan setelahnya yang sedang berjalan, lalu lakukanlah analisa tentang apa saja sistem yang belum diterapkan saat itu.

> Menetapkan kebijakan, struktur organisasi yang ada di perusahaan, deskripsi pekerjaan, target kerja, mutu, dan juga prosedur kerja masing-masing departemen di dalam perusahaan.

> Memberikan instruksi kerja yang jelas dan juga formulir kerja pendukung yang dapat memberikan penjelasan lebih lanjut.

> Menerapkan sistem manajemen keselamatan kerja minimal dalam waktu 3 bulan sebelumnya sebagai masa percobaan agar semua karyawan dapat terbiasa dan mengerti, sehingga lebih mudah mematuhi dan menjalankannya.

 > Melakukan audit internal di dalam perusahaan lalu menjalankan rapat untuk meninjau kinerja manajemen.

> Mengundang badan sertifikasi guna menjalani audit untuk perusahaan dan menyelesaikan kebutuhan dan temuan dalam audit sistem yang sedang dijalani.

Begitulah sistem dan cara untuk mendapatkan paket sertifikasi ISO OHSAS murah yang dapat memenuhi kebutuhan keselamatan kerja karyawan. Memang kelihatannya caranya cukup panjang dan rumit atau bahkan agak sulit. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, membuat paket sertifikasi ISO OHSAS murah tidaklah serumit yang dibayangkan.

Bahkan, semenjak kehadiran jasa sertifikasi ISO dan OHSAS hadir, maka semakin mudah untuk mendapatkan sertifikat ISO dan OHSAS yang dibutuhkan perusahaan untuk menjamin keselamatan kerja karyawannya. Oleh karena itu, segeralah urus kebutuhan surat-menyurat sertifikat ISO dan OHSAS untuk perusahaan atau organisasi Anda. Jangan mengulur-ulur waktu karena merasa rumit dengan prosedur yang dijalankan. Justru segeralah mengurusnya karena hal tersebut sangat mudah dengan menggunakan jasa sertifikasi seperti sertifikat.id. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan sertifikat ISO dan OHSAS sekarang juga.

Jangan sampai ketinggalan, ya!