• jasa sertifikat SKA
  • jasa sertifikat SKT
  • Biaya Pembuatan ISO
Jasa SKA SKT

jasa pembuatan SKA dan SKT

jasa pembuatan SKA dan SKT

jasa sertifikat ska

Sekarang ini jasa pembuatan SKA dan SKT itu sangat diperlukan dalam industri di Indonesia mengingat pentingnya kepemilikan sertifikat untuk membuktikan kompetensi yang dimiliki seseorang. Banyak orang yang mencari tahu di mana bisa melakukan sertifikasi SKA untuk mendapatkan sertifikat yang sesuai dengan kemampuannya. Ternyata, saat ini mudah untuk mencari jasa sertifikat SKA hanya lewat internet. 

Jasa sertifikat SKA akan memudahkanmu mendapatkan sertifikat keahlianmu tanpa harus menunggu lama. Dalam keperluan industri di Indonesia, sertifikat keahlian diperlukan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki seseorang berdasarkan bidangnya.

Sertifikat Keahlian atau yang dikenal dengan sertifikat SKA merupakan sertifikat yang diterbitkan LPJK kepada tenaga ahli yang mampu melaksanakan pekerjaan di bidang kontruksi sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan. Sebelum menjadi seorang yang ahli dalam Jasa Konstruksi, ada beberapa kualifikasi yang harus didapatkan, di antaranya adalah Ahli Muda, Ahli Madya, dan Ahli Utama. Kualifikasi-kualifikasi tersebut memiliki klasifikasinya tersendiri. Ahli Muda merupakan klasifikasi yang paling awal dan dapat ditingkatkan menjadi Ahli Madya. Setelah itu, Ahli Madya bisa diubah menjadi Ahli Utama yang merupakan klasifikasi paling tinggi. Semua klafisikasi ini dapat dilakukan dengan mudah dengan jasa sertifikat SKA.

Jasa Pembuatan SKA dan SKT´╗┐ merupakan syarat Sertifikasi Profesi Konstruksi

Hal yang perlu diperhatikan saat mengajukan pembuatan sertifikat SKA ataupun mendaftarkan Badan Usaha di bidang Jasa Konstruksi adalah dengan memiliki tenaga ahli yang telah bersertifikat atau memiliki SKA yang ditetapkan sebagai PJT (Penanggung Jawab Teknik) ataupun PJB (Penanggung Jawab Bidang) yang akan mengatur jalannya konstruksi. 

Persyaratan pembuatan sertifikat SKA

Bagi yang ingin membuat sertifikat SKA minimal harus lulusan D3 (Jurusan Teknik tertentu). Perusahaan yang ingin mendapatkan Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) dan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), baik perusahaan kelas menengah (M) atau Besar (B) setidaknya memiliki tenaga ahli yang sudah terdaftar di LPJK. Berikut persyarata pembuatan sertifikat SKA secara lengkap.

  1. Isilah formulir yang telah disediakan secara lengkap dan sesuai.
  2. Pindai atau fotokopi KTP-mu satu lembar. Pastikan dokumen tersebut jelas dan tidak buram.
  3. Pindai atau fotokopi ijazah yang telah disahkan dengan cap basah dari universitas atau notaris dengan minimal pendidikan D3, S1, S2, S3.
  4. Pindai atau fotokopi NPWP milik sendiri dengan jelas dan tidak buram.
  5. Jika ingin memperpanjang SKA harus mengembalikan SKA lama yang asli atau jika hilang maka harus menyertakan surat keterangan hilang dari kepolisian terdekat.
  6. Lampirkan pas foto terbaru dengan ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar. Foto wajah menghadap ke depan.
  7. Lampirkan riwayat pekerjaan atau Curriculum Vitae (CV) dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun (untuk Ahli Muda), 5 tahun (untuk Ahli Madya). Dalam dokumen riwayat kerja harus dijabarkan apa saja yang benar-benar telah dikerjakan selama 3-5 tahun terakhir serta ditandatangani dengan pena berwarna biru.
  8. Lampirkan surat pernyataan kebenaran data dan surat permohonan pembuatan sertifikat yang ditandatangani materai Rp6.000,-
  9. Selesaikan terlebih dahulu administrasi yang diminta dan dibutuhkan agar sertifikat SKA cepat terbit.
  10. Cantumkan nomor telepon pribadi, telepon rumah, telepon kantor, dan alamat email dari pemohon sertifikat SKA.
  11. Bagi pemohon Ahli Madya harus menyerahkan karya tulis berupa hard copy setelah melakukan wawancara.
  12. Lampirkan surat referensi kerja dari perusahaan atau dinas terkait yang pernah berhubungan dengan proyek sebelumnya. Lampirkan minimal 2 buah surat (untuk pemohon Ahli Muda) dan 3 buah surat (untuk pemohon Ahli Madya).

Tujuan membuat sertifikat SKA

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan mengapa orang mengurus pembuatan sertifikat melalui jasa sertifikat SKA. Pertama, untuk keberhasilan sebuah proyek kontruksi. Dalam sebuah proyek konstruksi, para pekerja atau timnya harus memiliki sertigikat SKA atau SKT. Kedua, untuk menjadi acuan kualitas industri konstruksi tersebut. Dengan memiliki sertifikat SKA atau SKT, dapat terlihat kualitas dan kredibilitas industri konstruksi tersebut.

Tujuan ketiga, untuk bahan pertanggungjawaban kepada masyarakat sekitar. Dengan adanya sertifikat SKA, masyarakat pun akan mengakui kompetensi tenaga ahli tersebut dalam bidang konstruksi. Tujuan keempat adalah untuk memenuhi syarat Undang-Undang. Terdapat Undang-Undang yang mengatur tentang Jasa Konstruksi di Indonesia, yaitu dalam UU No. 18 tahun 1999.  Jika kamu seorang tenaga ahli yang resmi, kamu perlu memiliki sertifikat keahlian. Kalau belum memiliki sertifikat tersebut, langsung saja urus sertifikasinya, ya!

Manfaat membuat sertifikat SKA

Banyak manfaat yang akan didapatkan seseorang ketika memiliki sertifikat keahlian. Pihak-pihak yang merasakan manfaat membuat sertifikat SKA, antara lain manajer dan anggota tim ahli pelaksana proyek konstruksi, atasa, penyedia jasa pelaksana konstruksi, hingga pemilik proyek. Manfaat membuat sertifikat SKA untuk manajer dan anggota tim yang sedang melaksanakan proyek konstruksi antara lain adalah mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional tentang kompetensi mereka, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan proyek tersebut, mengerjakan proyek sesuai dengan visi misi, serta menjadi sarana meningkatkan karier lebih ahli dan profesional.

Selain itu, manfaat membuat sertifikasi SKA bagi atasan adalah meningkatkan kinerja, mengetahui tingkat kemampuan masing-masing anggota, dan termudahkan dengan menempatkan anggota sesuai dengan kemampuannya berdasarkan sertifikasi keahliannya. Bagi penyedia jasa pelaksana konstruksi juga ada, di antaranya memberikan bukti kemampuan personil juga menjadi komitmen profesi ahli. Bagi pemilik proyek, manfaat yang dirasakan saat memiliki sertifikat SKA adalah mendapatkan tenaga ahli proyek kontruksi yang sedang mereka kerjakan yang kompeten dan profesional.

Dengan mengetahui banyaknya tujuan dan mafaat membuat sertifikat keahlian, diharapkan para tenaga ahli dan pelaksana segera memilikinya. Segera daftarkan dan urus sertifikat tersebut pada jasa sertifikat SKA terpercaya.

 

jasa sertifikat ska

Baca Juga: Jasa pembuatan SKA dan SKT