• jasa sertifikat SKA
  • jasa sertifikat SKT
  • Biaya Pembuatan ISO
Jasa SKA SKT

Jasa Sertifikat SKT

Jasa Sertifikat SKT

SKT atau Sertifikat Keterampilan merupakan sebuah surat yang memvalidasi keterampilan seseorang dan diakreditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Dalam membuat sertifikat ini, pemohon dapat memanfaatkan jasa sertifikat SKT terpercaya yang biasa mengurusnya.

Sertifikat SKT merupakan certificate yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi lalu diberikan kepada tenaga terampil dan juga tenaga ahli di bidang konstruksi yang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuannya dan juga keterampilan tertentunya yang pemohon tekuni. Setiap perusahaan dengan spesifikasi bidang jasa pelaksana konstruksi wajib memiliki sertifikat ini dan dapat mewujudkannya dengan mengajukan permohonan sertifikasi dan registrasi badan usaha untuk akhirnya mendapatkan Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Lalu untuk badan usaha kecil dengan golongan K1, K2, atau K3 yang telah memiliki SBU harus juga memiliki tenaga kerja yang telah tersertifikasi SKT atau memiliki sertifikat keterampilan yang merupakan persyaratan untuk dapat menjadikan tenaga kerja tersebut sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT).

SKT atau bisa juga disebut SKTK (Sertifikat Keterampilan Kerja) memiliki beberapa kualifikasi yang digolongkan berdasarkan kelasnya. Kelas ini sendiri digolongkan dengan berdasarkan pendidikan minimal dari pemohon yang mengajukan SKTK, seperti di bawah ini.

1. Kelas 1 dengan pendidikan minimal SMA atau sederajat.
2. Kelas 2 dengan pendidikan minimal SMP atau sederajat.
3. Kelas 3 dengan pendidikan minimal SD atau sederajat.

jasa sertifikat SKT

Jasa Sertifikat SKT Sebagai Persyaratan Sertifikasi Pelaksana Konstruksi

Semua perusahaan yang berkonsentrasi pada jasa pelaksana konstruksi dan ingin mengajukan permohonan sertifikasi dan registrasi badan usaha kemudian mendapatkan sertifikasi untuk badan usahanya (SBU) harus memiliki tenaga kerja yang telah memiliki SKT agar dapat dijadikan PJT. SKT yang dikeluarkan tersebut dapat diajukan melalui asosiasi profesi jasa konstruksi, atau bisa juga dikeluarkan oleh instansi lain yang telah terakreditasi oleh LPJK.

Dalam mengajukan permohonan SKT, pemohon perlu melengkapi persyaratan yang diminta. Berikut beberapa persyaratan permohonan SKT yang perlu dilengkapi.

Lihat juga: Biaya Pembuatan ISO OHSAS

Standar Dasar Pendidikan sebagai Syarat Uji:

1. Teknisi Senior atau Tenaga Terampil Tingkat 1 (Tertinggi):

a. Telah menempuh pendidikan tertinggi Diploma 3 (D3) dengan sekurang-kurangnya memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan bidangnya selama 1 tahun.
b. Telah menempuh pendidikan terakhir minimal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dengan sekurang-kurangnya pengalaman kerja yang sesuai dengan bidangnya selama 3 tahun.
c. Memiliki pengetahuan serta keterampilan yang dapat dibuktikan dengan pengalaman kerja, dan juga melampirkan surat referensi keterangan pengalaman bekerja.
d. Mengikuti seluruh prosedur dari kegiatan dan penyelenggaraan sertifikasi yang dibuat oleh penyelenggara.

2. Teknisi Junior atau Tenaga Terampil Tingkat 2 (Menengah):

a. Telah menempuh pendidikan minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setara dengan sekurang-kurangnya memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan bidangnya selama 5 tahun.
b. Memiliki pengetahuan serta keterampilan yang dapat dibuktikan dengan pengalaman kerja, dan juga melampirkan surat referensi keterangan pengalaman bekerja.
c. Mengikuti seluruh prosedur dari kegiatan dan penyelenggaraan sertifikasi yang dibuat oleh penyelenggara.

3. Tenaga Terampil atau Tenaga Terampil Tingkat 3 (Terendah):

a. Telah menempuh pendidikan minimal Sekolah Dasar atau setara (SD) dengan sekurang-kurangnya memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan bidangnya selama 5 tahun.
b. Memiliki pengetahuan serta keterampilan yang dapat dibuktikan dengan pengalaman kerja, dan juga melampirkan surat referensi keterangan pengalaman bekerja.
c. Mengikuti seluruh prosedur dari kegiatan dan penyelenggaraan sertifikasi yang dibuat oleh penyelenggara.

Data yang Perlu Diajukan untuk Kelengkapan Administrasi Sertifikasi:

Teknisi Senior, Teknisi Junior, dan Tenaga Terampil memerlukan data yang sama dalam pengajuan SKT. Berikut merupakan dokumen yang diperlukan untuk dilengkapi dalam pengisian formulir.

1 . Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh lembaga pendidikan yang telah menerbitkan, oleh notaris, asosiasi profesi, institusi diklat pemohon. Pastikan latar belakang pendidikan pemohon telah sesuai dengan kompetensi yang disyaratkan dalam pengajuan sertifikat.

2. Melampirkan dokumen daftar pengalaman kerja yang sesuai dengan klasifikasi atau subklasifikasi kompetensi kerja pemohon yang terstruktur dengan formulir. Lampiran ini perlu ditandatangani oleh pemohon dengan pena bertinta warna biru dan tidak boleh merupakan hasil scan.

3. Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon yang masih berlaku.
4. Melampirkan pas foto terbaru pemohon dengan ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar. Foto wajib menghadap ke depan dengan pakaian formal dan rapi, dan jangan menggunakan kaos.
5. Apabila data dalam KTP dan Ijazah untuk tanggal, bulan, dan tahun kelahiran tidak sama, maka data yang dianggap benar adalah data pada tanggal, bulan, dan tahun lahir yang tertera pada ijazah.
6. Melampirkan dan membuat surat pernyataan pribadi yang menyatakan bahwa seluruh data dalam dokumen adalah benar.

Cara Mengurus SKT Tanpa Ribet Melalui Jasa Online

Surat Keterampilan atau SKT yang sah hanya diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau LPJK. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun sejak diterbitkan, jadi ketika habis masa berlakunya, sertifikat ini perlu diperpanjang dan diperbarui lagi jika ingin digunakan.

Untuk mengurus dan mendapatkan sertifikat ini cenderung mudah, sebab sekarang sudah ada jasa sertifikat SKT yang dapat dilakukan secara online. Biasanya jasa ini akan memiliki website terpercaya tersendiri yang meminta pemohon mengisi formulir pendaftaran secara online. Kemudian, untuk sisa berkasi yang dibutuhkan dalam syarat dapat dikirimkan melalui email untuk melengkapinya.

Pihak jasa sertifikat SKT akan mengkonfirmasi pemohon bahwa SKT akan segera diproses jika beberapa langkah sebelumnya telah dipenuhi. Biasanya pemberitahuan ini juga akan disertai dengan rincian biaya yang perlu dibayarkan oleh pemohon dalam mengurus sertifikasi SKT.

Kemudian, jasa sertifikat SKT biasanya akan mengirimkan email yang berisi scan dokumen sertifikat SKT yang telah didaftarkan dan terdaftar di LPJK. Anda juga bisa memeriksa keabsahan dan kebenaran sertifikat Anda apakah sudah terdaftar atau belum dengan melihatnya di website resmi dari LPJK. Jika sudah yakin dan sudah menyelesaikan urusan administrasi dalam pembuatan SKT, Anda sebagai pemohon sudah dapat menerima dokumen asli dari SKT yang diurus oleh pihak ketiga yang merupakan penyedia jasa sertifikat SKT.

Untuk memastikan apakah sertifikat yang Anda terima asli atau tidak, Anda dapat melihat ada tidaknya QR code di sertifikatnya. Sertifikat SKT yang asli memiliki QR code di dalamnya. Jadi, pastikan sertifikat SKT Anda memilikinya.

Demikianlah persyaratan dan cara mengurus sertifikat SKT secara online. Jika Anda berminat untuk membuat SKT dengan mudah dan cepat, jasa sertifikat SKT terpercaya adalah sertifikat.id yang dapat membantu Anda menjadi tenaga ahli konstruksi terpercaya.

Jadi, jangan asal memilih tempat mengurus sertifikat SKT secara sembarangan, sebab belum tentu tempat tersebut terpercaya dan menyediakan sertifikat asli. Ingatlah untuk selalu menggunakan jasa yang terbaik dan terpercaya di bidangnya agar Anda tidak menyesal nantinya! Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat sertifikat SKT Anda sekarang juga sebelum terlambat!